Selamat Datang di website www.pptsbatambarat.com, Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru Bere, PPTSB Cabang Batam Barat (Media Komunikasi Toga Sinaga)

Profil

PPTSB Cabang Batam Barat

Media Komunikasi Toga Sinaga

Marga Sinaga yang merupakan bagian dari suku dan etnis Batak, sudah sejak lama memupuk persatuan dan kesatuan baik di kalangannya sendiri maupun antara marga lain termasuk juga dengan suku-suku lain yang ada di masyarakat Indonesia. Marga Sinaga menyadari sepenuhnya persatuan dan kesatuan bukanlah tujuan akhir, tapi adalah merupakan sasaran antara untuk meningkatkan kualitas hidupnya sehari-hari.

Dengan persatuan dan kesatuan, rasa senasib sepenanggungan dapat dipupuk dan dikembangkan kearah solidaritas yang tinggi dengan suatu kesadaran, orang yang lebih tua menjadi panutan, yang lebih muda disiapkan menjadi generasi penerus, yang pintar menjadi nara sumber, yang tertinggal menjadi pintar, yang kaya membantu yang miskin, yang miskin menjadi kaya dan demikian seterusnya sampai ketemunya kesejajaran sesama anak bangsa dan sesama ciptaan Tuhan.

Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan perlu diteladani ajaran nenek moyang Raja Sinaga tentang “PARHATIAN SIBOLA TIMBANG, PARNINGGALA SIBOLA TALI”, yang di dalamnya tercermin sikap tindak yang adil, arif, dan bijaksana dalam setiap aspek kehidupan.

Memahami akan pentingnya hal tersebut di atas maka dibentuklah suatu organisasi yang dinamakan Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru, Bere (PPTSB) Cabang Batam Barat yang merupakan kelanjutan dari Parsadaan Pomparan Toga Sinaga (PPTSB) yang dilahirkan pada tanggal 15 Desember 1940. Persatuan ini bernama “PARSADAAN POMPARAN TOGA SINAGA DOHOT BORU BERE” yang selanjutnya disingkat dengan PPTSB.

PPTSB Cabang Batam Barat didirikan sejak tanggal 08 Maret berazaskan Pancasila dan UUD tahun 1945 serta adat budaya Batak, bersifat sosial kekeluargaan dan SISADA LULU ANAK, SISADA LULU BORU.

VISI & MISI

VISI
adalah terwujudnya PPTSB Cabang Batam Barat yang sejahtera.

MISI
Meningkatkan kesejahteraan anggota melalui berbagai bentuk kegiatan yang sifatnya tidak bertentangan dengan norma adat istiadat yang berlaku secara internal bagi bangso Batak dan norma hukum yang berlaku secara universal bagi bangsa Indonesia.